Pages

Thursday, March 14, 2013

Cara Menghilangkan Ngantuk | Mengatasi Rasa Ngantuk

Cara menghilangkan ngantuk. Memang sangatlah menganggu anda semua apabila anda sedang melakukan aktivitas sehari – hari terus anda merasa mengantuk, padahal pekerjaan anda belum selesai. Rasa ngantuk dapat dari berbagai macam sumber dan salah satu yang biasa orang katakan pada saat ngantuk adalah kurangnya tidur. Benar bukan? Rata-rata orang penderita rasa ngantuk berlebihan biasanya disebabkan oleh pola tidur yang salah atau tidak tepat, seperti bergadang, terlalu lelah, kebosanan atau bahkan karena bawaan. Rasa ngantuk adalah sinyal dan cara tubuh memberitahukan padamu bahwa kamu harus membutuhkan istirahat dan tidur. Namun jika kamu telah beristirahat dan tidur yang cukup tetapi masih tetap mengantuk, maka sebaiknya kamu menghilangkan rasa ngantuk tersebut. Apalagi jika kamu merasa mengantuk disaat-saat kamu seharusnya tidak boleh mengantuk, contohnya ketika bekerja, mengendarai kendaraan, belajar, dan mungkin pada saat rapat. Cara untuk mengatasi ngantuk berat adalah dengan anda meminum secangkir kopi, karena di dalam kopi mengandung zat kafein yang dapat membantu anda semua untuk mengatasi ngantuk berat.


Jam-jam setelah makan siang paling rawan menurunkan produktivitas seseorang. Mengantuk jadi satu alasan utama. Tekanan pekerjaan sejak pagi dan sepanjang hari juga bisa menyebabkan kejenuhan dan stress melanda. Cara menghilangkan ngantuk harus di mulai dari sekarang, karena mungkin ketika anda mengantuk hal tersebut adalah sebuah kebiasaan. Lalu apakah bagi anak yang susah tidur harus meminum kopi? Tentu saja tidak, ada cara lain yang mungkin dapat membantu anda dalam mengatasi anak anda semua yang susah tidur. Gampang saja yaitu dengan mengatur pola tidur anak, lingkungan tidur yang nyaman, dan pastikan perut anak anda tidak kosong apalagi pada saat anak anda akan tidur.

Berikut tips supaya tidak ngantuk :
• Bangun dari kursi dan berjalan – jalan sejenak
Meskipun mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot. Jika Anda bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar. • Pilih cemilan yang sehat
Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti:
1. Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
2. Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar
3. Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.

• Alihkan tugas untuk stimulasikan pikiran
Pada 2004, peneliti Finlandia mempelajari orang-orang yang bekerja shift malam (jam 12). Mereka menemukan bahwa pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. Cobalah melakukan tugas yang berbeda di rumah atau di tempat kerja saat mengantuk. Atau beralih ke tugas lain yang lebih menarik ketika Anda merasa mengantuk.

• Minum air
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

• Bikin ruang kerja lebih terang
Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

• Tarik nafas dalam
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi. Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali

Mungkin bagi anda semua yang tiap hari kerja, dan mantengin komputer terus, pasti lama-lama capek, ngantuk. otomatis kerja jadi berantakan kan? bisa juga minum kopi biar ga ngantuk, karena kopi yang mengandung kafein emang bisa mencegah kantuk. tapi inget efek sampingnya buat anda semua, bisa memangkas waktu tidur, menganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur. Penyebab mengantuk sama dengan lemas, yaitu kurangnya pasokan oksigen ke otak. Maka cara menghilangkan ngantuk, selain memperbaiki asupan makanan, sebaiknya anda juga rajin – rajin berolahraga. Olahraga paling baik dilakukan 30 menit dengan pilihan joging, peregangan otot, jalan kaki, dan bersepeda. Peregangan otot dapat meningkatkan fleksibilitas dan elastisitas otot, serta meningkatkan sirkulasi darah. Hasilnya, Anda lebih waspada, dan ngantuk berkurang. Caranya pun sangatlah mudah yaitu tinggal anda menarik kedua tangan ke atas melewati kepala, ke belakang punggung, lalu dorong ke depan. Tarik napas perlahan, tahan selama 15 detik. Tips tersebut juga lumayan ampuh menghilangkan kantuk saat di kantor. Selain dengan peregangan otot dapat juga olahraga jalan kaki, joging, dan bersepeda ringan, selain dapat mengurangi rasa kantuk, juga dapat mengurangi risiko penyakit – penyakit yang ada. Daripada duduk termenung di depan meja makan, lebih baik lakukan olahraga ini secara rutin.

Jangan anggap remeh jika sering mengantuk. ngantuk yang selalu datang, jelas akan mengganggu aktivitas anda, dan pada akhirnya akan menurunkan produktivitas. Kreativitas dan kemampuan analisa jelas menurun. Begitu pula dengan stabilitas emosi. Selalu mengantuk juga membahayakan jiwa, terutama jika mengendara atau mengoperasikan alat-alat berat. Mengantuk sekali-sekali dan selalu mengantuk jelas berbeda. Selalu mengantuk walau tidur sudah cukup disebut kantuk berlebih atau hipersomnia. Nah daripada anda semua bingung – bingung untuk menghilangkan rasa ngantuk, langsung saja deh akan saya berikan penjelasan mengenai tips menghilangkan ngantuk, simak baik – baik ya?

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...