Pages

Thursday, August 23, 2012

Membuat Kolam Ikan koi | Desain Kolam Minimalis

Membuat kolam koi desain kolam minimalis modern dan elegan merupakan salah satu impian bagi penghobby koi. Namun selalin itu rumah impian dengan adanya kolam dan germicik air akan menambah rasa humi dan rasa sejuk untuk menghilangkan stress. Ikan kolam adalah salah satu pilihan untuk menghilangkan stress dengan lihat ikan dan memberi makan ikan koi. Koi merupakan ikan yang dipercaya membawa keberuntungan atau hoki bagi pemeliharanya, namun untuk dpat memelihara koi sebaiknya anda memepelajari cara memelihara ikan koi terlebih dahulu, untuk itu jika ingin memelihara koi silahkan pelajari postingan saya yang sebelumnya mengenai cara dan tips memelihara ikan koi

Membuat kolam koi
bukan suatu yang mudah karena perlu anda juga membangun sirkulasi udara untuk kolam dan juga membangun sistem biologi yang baik supaya ikan koi dapat nyaman hidup dikolam tersebut. Koi merupakan salah satu ikan kolam yang sangat sulit pemeliharaannnya, karena ikan koi jika dia tempatnya tidak nyaman maka koi akan gampang stress dan mati, selain itu koi yang stress pastilah selalu berpenyakit dan penyakit koi tersebut akan tertular dengan cepat ke koi lainnya sehingga koi lainnya akan juga meninggal. Makanya perlu tips untuk membuat kolam koi yang nyaman dan ndah untuk sekalian penataan taman kolam yang nyaman pula.

Kolam koi dibedakan menjadi 3 varian yaitu:
1. Kolam koi yang dibuat di bawah permukaan tanah
2. Kolam koi yang dibuat di atas permukaan tanah
3. Kolam koi yang dibuat kombinasi sebagian didalam dan dilatas tanah.

Berikut beberapa desain kolam ikan koi dengan desain minimalis modern:

Biar kolam koi tidak selalu membersihkan atau ganti air maka diperlukan sistem filter kolam koi atau sistem biologi kolam, berikut pembahasanya:

  • Filter Biologi yaitu dimana Filter Biologi ini memiliki fungsi mengubah amonia menjadi zat-zat yang tidak berbahaya secara natural melalui tahap-tahap siklus Penguraian Nitrogen. Pada Filter biologi diusahakan bakteri pengurai hidup dan berkembang dengan baik, sehingga siklus nitrogen berjalan dengan sempurna. Sistem ini digunakan karenan setiap koi mengeluarkan ammonia dalam kotorannya, dalam jumlah besar akan mengakibatkan kematian bagi ikan koi. Bakteri tertentu akan mengubah Ammonia menjadi Nitrit yang dalam jumlah tertentu juga masih bersifat racun bagi ikan koi. Pada siklus selanjutnya ada bakteri yang mengubah Nitrit menjadi Nitrat yang tidak berbahaya bagi ikan Koi kita
  • Filter Tumbuhan / Vegetasi mengan menggunakan tanaman air dikarenakan tanaman air mengkonsumsi ammonia untuk mekanan dan untuk tumbuh, dengan menggunakan media tanaman air kadar ammonia dapat dihilangkan pada kolam koi. Semakin subur tanaman yang ada pada filter menandakan kadar ammonia yang tinggi. Pada siang hari tanaman akan mengeluarkan Oksigen sebagai sisa ekskresinya dan menyerap karbondioksisa. Hal ini akan menambah kadar oksigen terlarut dalam kolam koi. Akan tetapi pada malam hari tanaman akan menyerap oksigen sehingga terjadi perebutan dengan ikan dalam kolam.
  • Filter Mekanis dipergunakan untuk menghilangkan partikel-partikel padat pada kolam koi. Partikel-partikel padat ini misalnya kotoran koi, sisa makanan, daun-daunan, hewan-hewan yang masuk ke dalam kolam dan lain-lain. Caranya adalah dengan Menggunakan sistem Skimmers yang dipergunakan untuk membuang kotoran-kotoran yang mengapung di permukaan kolam. Skimmer menggunakan overflow pada kolam, dengan menambahkan air pada kolam maka kotoran mengapung akan keluar dan dibuang melalui surface skimmer. Selin itu juga bisa menggunakan sistem Bottom Drain (BD) yang dimana Kotoran koi , sisa makanan dan material lain sebagian tidak mengapung tetapi tenggelam di dasar kolam, untuk membuang kotoran dengan jenis seperti ini diperlukan Bottom Drain, lubang pembuangan yang diletakkan di dasar kolaman. Kotoran-kotoran akan mengendap dan dibuang melalui bottom drain ini . yang ketiga menggunakan sistem Vortex Chamber yang dimana mirip sebuah silinder yang memungkinkan air berputar di ruangan tersebut, kotoran akan terkumpul di bagian bawah vortex untuk kemudian dibuang. Sirkulasi air akan memaksa setiap kotoran limbah padat masuk ke bagian bawah bawah, sementara air bersih masuk ke dalam intake di bagian lain.

Beberapa bahan yang diperlikam untuk membangun atau membuat kolam sistem biologi yang benar adaah sebagai berikut:
  • Bioball Bacteria House merupakan media berbahan dasar plastik yang dipergunakan sebagai tempat hidup bakteri pengurai ammonia. Permukaan Bioball yang luas mampu menampung bakteri dalam jumlah yang besar. Ada bermacam-macam bentuk Bioball antara lain berbentuk bola dan rambutan.
  • Batu Zeolite, bermanfaat untuk menghilangkan amonia dan nitrit dari air. Dalam jangka waktu tertentu zeolite akan jenuh , dan tidak mampu lagi menyerap ammonia tetapi dapat dibersihkan kembali dibersihkan dengan merendam dalam air garam (6g per/liter ) selama 24 jam dan kemudian digunakan kembali. Menambahkan Zeolite ke filter kolam koi akan membantu mengurangi amonia.
  • Gunakan karang jahe untuk menyaring kotoran ikan yang besar supaya gampang terurai

Berikut beberapa tips atau cara membuat kolam koi minimalis dan jugagambar desain kolam ikan koi yang bagus dan nyaman.semoga bermanfaat ya…

1 comments:

Empat Belas said...

jadi pengen punya kolam koi :D

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...