Pages

Tuesday, March 5, 2013

Budidaya Lele | Cara dan Tips Berternak Lele

Cara berternak lele sebenarnya sangatlah mudah, yang terpenting adalah bagaimana anda meiliki kolam yang cukup luas. Untuk memulai usaha budidaya lele sebenarnya bukanlah hal yang susah kalau anda semua sudah mengetahui metodenya. Benar bukan? Cara Budidaya Lele atau ikan apapun pada dasarnya kita harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup pada ikan tersebut. Misalnya Lele, salah satu keluarga Catfish dengan aneka ragam jenisnya dapat hidup disemua tempat bahkan di tempat yang sangat ekstrem. Meski begitu bukan berarti saat proses budidaya bisa seenaknya sendiri, yang ada ikannya mati semua atau saling memakan (kanibal). Ya, ikan lele yang tidak dipisahkan dari antara yang kecil dengan yang besar dapat memangsa sesamanya sendiri. Ada beberapa jenis ternak lele yang populer di Indonesia yakni ternak lele dumbo, lokal, python dan sangkuriang.


Tips budidaya lele. Jika anda semua menginginkan tips budidaya lele anda harus bersabar dahulu, nanti dibawah akan saya berikan tips yang cocok untuk budidaya lele. Ikan lele termasuk salah satu ikan yang paling mudah dibudidayakan oleh sebab itulah banyak sekali saat ini peternak lele yang menambah kapasitas penangkaran. Sayangnya, keinginan peluasan wilayah harus di batasi oleh lahan yang sempit dan biaya yang pas - pasan. Solusi paling mudah adalah dengan cara budidaya lele di kolam terpal. Teknik ini sering disebut Lele terpal, jauh lebih hemat ongkos daripada harus menggali kolam dalam tanah atau membangunnya dengan semen.

Cara budidaya lele saat ini sangat menjanjikan dengan banyaknya restoran-restoran yang menyajikan lele sebagai salah satu menu unggulan. Oleh karena itu, apabila budidaya lele dikelola dengan baik, maka bisa menambah pundi-pundi uang. Banyak kita jumpai di beberapa daerah yang membudidayakan ikan lele dengan menggunakan terpal. Pastinya teknik ini akan menghabiskan dana yang lebih ringan daripada harus susah payah menggali tanah untuk membuat kolam. Budidaya lele bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Tidak hanya menghasilkan uang bagi para petani lele, berternak juga dapat melepas kejenuhan setelah bekerja bagi profesional yang memiliki kesibukan lain. Memelihara lele sebenarnya mudah dan relatif murah. Sayangnya, tidak banyak orang yang benar-benar paham cara beternak lele, sehingga kegiatan yang seharusnya membuat senang, justru malah membuat stres karena lele-lele peliharaannya pada mati semua.

Cara berternak lele. Jenis ikan lele memang memiliki banyak penggemar, karena jenis ikan tersebut memiliki daging yang gurih, serta tidak memiliki banyak duri. Selain itu lele juga memiliki harga yang murah, sehingga ikan lele dapat dinikmati oleh semua kalangan. Besarnya minat pasar akan lele sering dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis kuliner yang menggiurkan. Dari mulai bisni kuliner lele yang beraneka macam hingga bisnis budidaya lele yang menguntungkan, mampu memberikan untung yang cukup besar. Ikan lele termasuk salah satu ikan yang budidayanya cukup mudah dan pertumbuhannya sangat cepat. Sehingga banyak para pelaku bisnis yang memilih lele untuk dibudidayakan. Siapa sih yang tak kenal ikan ini, ikan ini sudah lazim dijumpai di seluruh penjuru nusantara, hidup di air tawar. Ikan ini memang banyak dikonsumsi karena rasanya yang enak jika digoreng atau di bakar. Oleh karena kelezatannya, ikan ini sering kali dibudidayakan dan memang sangat menguntungkan. Jika anda memang benar – benar berminat untuk membudidayakan ikan lele tersebut, maka sebenarnya cara budidaya lele pun sebenarnya sangatlah mudah dan menghasilkan untung yang banyak.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...