Pages

Wednesday, July 18, 2012

e-cpns.kemlu.go.id | Lowongan CPNS Kemenlu 2012 Online

Penerimaan CPNS Kemenlu 2012 sekarang dapat dilakukan proses pendaftaran secara online dengan mengunjungi wesite resminya di https://www. e-cpns.kemlu.go.id , dimana lowongan kementrian luar negeri inisangat dinanti-nantikan oleh banyak orang yang keinginan untuk menjadi pejabat mentri luar negeri negara Indonesia. Walaupun lowongan ini sedah mulai dibuka pada tanggal 16 Juli 2012 pukul 09.00 WIB kemarin namun sampai sekarang masih ramai orang yang melakukan pendaftaran lewat internet karena selain mudah juga kita dapat mrlihat beberapa syarat pelamar CPNS Kemenlu 2012 lewat website tersebut. Kementrian Luar Negeri RI TA 2012 ini kembali membuka lowongan dan rekrutmen CPNS Kemlu dari Golongan III dan II untuk dididik menjadi Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN). Namanya juga jaman online internet makanya sekarang seba canggih, kita bisa mendaftar CPNS Kemenlu 2012 tidak perlu kita berikan berkas secara langsung namun bisa kita kirimkan lewat scanner kemudian kita kirimkan berkas yang sudah berupa file tersebut.
Namun yang manjadi masalah, banyaknya pelamar yang gaptek tentang teknologi internet makanya tidak bisa melakukan pendaftaran secara online dapat langsung daftara dengan proses manual datang langsung ke tempat pendaftaran Jakarta. CPNS Kemenlu 2012 ini merupakan salahsatu wujud komitmen Kemlu terhadap upaya Reformasi Birokrasi Nasional di bidang penataan sumber daya manusia maka seluruh tahapan seleksi penerimaan CPNS Kemlu telah memenuhi standar sistem manajemen mutu ISO 9901:2008. Kementrian luar negri atau kemenlu saat ini mememang baru sangat antusias dalam membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk menjadi CPNS Kemlu dan dididik menjadi Pejabat Diplomatik dan Konsuler (PDK), Penata Keuangan dan Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT) dan Petugas Komunikasi (PK). Dan diharapkan warga negara Indonesia bisa mengikuti ujian seleksi CPNS Kemenlu 2012 tahun ini.

Lowongan yang tersedia dalam CPNS Kemenlu 2012 adalah :
• PKKRT dibutuhkan 40 (empat puluh) orang lulusan Sarjana (S-1)
• PK dibutuhkan 20 (dua puluh) orang lulusan Diploma Tiga (D3).
• PDK dibutuhkan 60 (enam puluh) orang lulusan Sarjana (S-1), Master/Magister (S-2) dan Doktor (S-3);

Jumlah formasi CPNS Kemenlu 2012 :
1. Pejabat Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK)
Syarat Lulusan Sarjana (S-1), Magister/Master (S-2) dan Doktor (S-3) sejumlah 60 orang untuk menjadi CPNS Golongan III untuk dididik menjadi Pejabat Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK);
2. Penata Keuangan dan Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT)
Lulusan Sarjana (S-1) sejumlah 40 orang untuk menjadi CPNS Golongan III dan dididik menjadi Penata Keuangan dan Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT)
3. Petugas Komunikasi (PK)
Lulusan Diploma 3 (D-3) sejumlah 20 orang untuk menjadi CPNS Golongan II dan dididik menjadi Petugas Komunikasi (PK).

Adapun beberapa Uraian Kerja per formasi:

  • Pejabat Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK)
Tugas utama seorang diplomat Indonesia adalah mewakili negara dan pemerintah Indonesia (representing), melakukan perundingan untuk dan atas nama kepentingan nasional (negotiating), melindungi kepentingan negara dan pemerintah, warga negara, dan Badan Hukum Indonesia (protecting), membangun jejaring dan kerja sama untuk memajukan hubungan kedua negara/pihak (promoting) dan melakukan pelaporan pelaksanaan tugas dan pengamatan di bidang politik, keamanan, ekonomi, sosial dan budaya (reporting).Tugas-tugas tersebut dilaksanakan di Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI di luar negeri.
  • Penata Keuangan dan Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT)
Penata Keuangan dan Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT) adalah staf non-diplomatik yang membantu pelaksanaan tugas di Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI di luar negeri di bidang administrasi, keuangan, kepegawaian, perlengkapan dan kerumahtanggaan.
  • Petugas Komunikasi (PK)
Petugas Komunikasi (PK) adalah staf non-diplomatik yang membantu pelaksanaan tugas di Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI di luar negeri di bidang pengelolaan teknologi informasi, komunikasi, persandian, pengamanan, pengawasan dan pengendalian pemberitaan.


Syarat pelamar CPNS Kemenlu 2012 :

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun (tanggal lahir 1 Desember 1994 dan sebelumnya).
  3. Tidak bersuami/beristrikan seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa kewarganegaraan.
  4. Sehat jasmani dan rohani.
  5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  6. Bersedia menjalani ikatan dinas selama 5 (lima) tahun dan ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah. PDLN dapat ditugaskan pada salah satu Perwakilan RI di Luar Negeri di seluruh dunia dimana kondisi setempat dimana Perwakilan RI diakreditasikan cukup beragam, beberapa diantaranya merupakan wilayah yang rawan secara politik, ekonomi maupun keamanan.
  7. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
  8. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Demikian sedikit tentang informasi yan kami dapatkan dari situs resmi e-cpns.kemlu.go.id mengenai pendaftaran online dan syarat pelamar CPNS Kemenlu 2012. Dan untuk mengetahui lebih lanjut silahkan kunjungi situs resminya dan untuk pendaftaran online anda bisa langsung kunjungi website CPNS Kemenlu 2012 tersebut dan anda isikan sesuai dengan aturan pengisian yang ada.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...