Pages

Saturday, July 21, 2012

Belajar Fotografi Dasar | Teknik Memfoto DSLR

Belajar fotografer bagi pemula – Menfoto merupakan hal yang biasa dan mudah dilakukan namun untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal biasanya memerlukan pembelajaran yang khusus. Nah, disini saya akan membahas bagaimana caranya belajar fotografi dasar dan panduan cara foto dengan kamera DSLR maupun SLR. Tapi sebelum anda belajar memprotret ya selayaknya anda harus mempunyai alat yaitu kamera DSLR atau SLR itu sendiri dan media untuk difoto.

Sebelum kita menginjak lebih lanjut alangkah baiknya kita belajar mengenai jenis kamera DSLR maupun kamera SLR. Kamera DSLR ada kamera digital namun memiliki kelengkapan fungsi foto dan efek foto yang telah disediakan dikamera tersebut yang dimana sebagai pelengkap tambahan yang tidak disediakan pada kamera digital biasa, dimana kamera DSLR dilengkapi dengan digital LCD yang bisa melihat media yang difoto dilayar tersebut.

Sedangkan kamera SLR hampir sama dengan DSLR juga memiliki beberapa kelengkapan khusus bagi fotografer yang tidakdiimiliki oleh kamera digital yang biasanya. Namun untuk kelengkapan fungsinya lebiuh lengkap kalau kita gunakan kamera dslr yang sebenarnya. Kamera dan hasil jebretan fotonya dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu:

  • Alat Foto atau Kamera itu sendiri
untuk mendapatkan khasil foto yang baik sangat terkait dengan jenis kamera yang anda miliki. contohnya dengan kamera yang memiliki fasilitas atau fungsi kelenfgkapan efek foto dan selain itu tergantung dari lensa yang baik untuk mendukung kamera yang anda miliki. Maksudnya, bila kita memiliki kamera yang bagus namun tidak dilengkapi dengan lensa yang bagus ya mana bisa kita dapat menghasilkan foto yang baik kalau lensanya kurang baik
  • Kemampuan kita dalam memfoto.
Kemampuan kita sangat mempengaruhi hasil foto, Satu hal yang wajib dilakukan jika ingin belajar fotografi adalah mempraktekkan teknik fotografi yang telah didapat. Jangan pernah malas untuk mengasah kemampuan. Prinsipnya, semakin banyak berlatih, maka kemampuan Anda semakin meningkat.
  • Cahaya
metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Pada prinsipnya adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan, yang selanjutnya disebut lensa. Pencahayaan yang tepat adalah Salah satu hal utama yang dapat menghasilkan foto yang indah dan berkualitas adalah pencahayaan yang baik dan tepat.
  • Media foto atau Composition
Objek foto dapat diletakkan dan dibuat semenarik mungkin, asal menyatu dengan elemen sekitarnya. Setiap orang berbeda dalam menentukan komposisi, semua itu bergantung pada sense dan banyak berlatih Media foto adalah suatu benda maupun orang yang akan menjadi focus pemprotetan kita. Dmana dengan media foto yang unik pastiulah kita lebih senang memfoto maupun mengambil gambar dar enggel manapun juga. Contohnya,kalaau kita menggunakan media manusia,kalau cantik maupun ganteng khan kita lebih suka memfotonya
  • Fokus media
Untuk mendapatkan focus media diperlukan pembelajaran cara mendapatkan foto dengan folkus yang baik. Itu bisa dipelajari jara focus benda tertentu dan benda yang lainnya blur, itu ada di efek otomatis yang terdapat dikamera DSLR namun alangkah baiknya anda menggunakan outo focus manual supaya kita bisa mendapatkan outo focus yang sesuai dengan yang kita inginkan.

1 comments:

Hasan Fauzi said...

Pelajaran yang cukup bagus dan saya sangat senang ini. yang jadi ganjalan saya adalah untuk memiliki kamera dslr karena harganya mahal

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...